Senin, 03 Juni 2013

Ep. 01- Perbedaan, Keunggulan OS Mac Apple dan OS PC Windows

Perbedaan OS Windows dan Mac OS

Windows = Closed source (Windows NT based)(DOS based for old Windows)
Mac OS X = Closed source (UNIX based)




1. Lisensi
   Windows : Tidak gratis               ( Berbayar  )
   Mac OS   : Tidak gratis (mahal)    ( Berbayar, Cukup Mahal)







2. Open Source
    Windows  : Tidak   - ( Microsoft )
    Mac OS    : Tidak   - ( Apple ) 

3. Keunggulan
   Windows  : Untuk Game
   Mac OS   : Untuk Grafis

4. Perawatan
   Windows : Biaya maintenance tinggi
   Mac OS : Biaya maintenance sanggat tinggi

5. Support Aplikasi Pihak Ketiga (Hardware)
    Windows : Paling banyak compatible-nya
    Mac OS   : Sangat sedikit  (Tidak Kompatibel Kerena starategi monopoli)

6. Ketahanan terhadap virus
Windows : Sangat Sering terkena virus tetapi bisa mencegahnya dengan     software anti virus
Mac OS   : Tidak mudah terkena virus (Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware)

7. Harga
Lebih mahal Mac OS dibandingkan dengan Windows, sebab menggunakna Mac OS harus memiliki minimal mempunyai ibook-nya dengan harga paling muran 12 jutaan sedangkan windows 7 home basic yang legal harganya sekitar 800 ribuan.



Kelebihan – Kelebihan Mac OS antara lain :
1. Mac OS tidak mudah terkena virus
Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC Virus dan Malware. Namun tidak juga akan memperlambat kita dengan peringtan keamanan konstan dan interupsi lainnya.

2. High Performance
Khususnya pada Mac OS X – dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac dengan kecepatan yang menakjubkan.

3. Usert Friendly
Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khusunya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.


Kekurangan – Kekurangan Mac OS antara lain :
1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
2. Software di Mac OS tidak begitu lengkap, Pengaruh dominasi Microsoft Windows selama bertahun – tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbatu dengan system requirement Windows.
3. Biayanya mahal
4. Hanya berguna untuk grapich designer
5. Tidak dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan
6. Softwarenya tidak lengkap selengkap windows, dan tidak cocok digunakan untuk bermain game karena tampilannya kurang bagus


Versi Mac OS yang dulu hingga sekarang :
Berikut perjalanan Mac OS X dari waktu ke waktu.


Mac OS X Cheetah
CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook.

Mac OS X 10.1 Puma
Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.

Mac OS X 10.2 Jaguar
Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dalam seminggu pertama, terjual 100.000 copy. Ada dua paket yang tersedia seharga 129 dollar AS dan paket keluarga untuk lima orang hanya 199 dollar AS.

Mac OS X 10.3 Panther
Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk videokonferensi. Tersedia pula versi Mac OS X Server 10.3. Harganya 129 dollar AS sedangkan untuk server 499 dollar AS untuk 10 klien dan 999 dollar AS untuk jumlah klien tak terbatas.

Mac OS X 10.4 Tiger
Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.

Mac OS X Leopard
Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine.

Mac OS X 10.6 Snow Leopard
Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin perbaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.

Mac OS X 10.7 Lion
Generasi terbaru yang diberi nama Lion direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Namun, Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.



Sumber : http://tekno.kompas.com



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...