Sabtu, 07 November 2009

Mengenal Beberapa Aplikasi Freeware



Sekarang ini semakin marak yang namanya aplikasi open source dan freeware. Perangkat lunak atau software gratis ini sudah banyak macamnya. Mulai dari aplikasi word processor, spreadsheet, internet browser, FTP client, e-mail, database dan berbagai macam software lainnya. Sebagai produk gratis program-program tersebut tidaklah mengecewakan, bahkan terkadang kemampuannya setara atau melebihi dari program sejenis yang sifatnya komersial (atau berbayar). 

Artikel ini mengajak kamu untuk berkenalan dengan software-software yang gratis yang bisa di gunakan dalam berkomputer sehari-hari baik di rumah maupun di kantor orangtuamu. Software-software yang akan dibahas disini berjalan pada platform Windows, walaupun ada beberapa program yang sifatnya multi-platform (bisa dijalankan pada beberapa operating system sekaligus). 

Aplikasi perkantoran 

 Kamu pasti sudah sangat mengenal Microsoft Office sebagai suatu solusi aplikasi untuk perkantoran. Apa ada software perkantoran yang gratis? Ada. Namanya OpenOffice.org. Kamu bisa melihat dan mendownload-nya melalui situs www.openoffice.org. Produk ini merupakan suatu gabungan dari beberapa aplikasi yang membentuk "suite" dan kompatibel dengan berbagai macam dokumen yang sudah ada sebelumnya. Saat ini setidaknya ada 6 (enam) aplikasi yang ada pada OpenOffice.org yaitu: 


WRITER, suatu aplikasi pengolah kata yang berfungsi mirip seperti MS Word. Sangat bagus untuk membuat surat, newsletter atau pekerjaan lain yang sebelumnya bisa dilakukan dengan MS Word. 

CALC , suatu aplikasi spreadsheet yang canggih yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan kalkulasi data Anda atau juga analisa data. CALC ini juga dilengkapi dengan fasilitas chart (grafik) dalam format 2D atau 3D. Ini bisa digunakan untuk menggantikan fungsi MS Excel yang sudah Anda gunakan saat ini. 

IMPRESS , suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi multimedia seperti halnya pada MS PowerPoint. IMPRESS bisa melakukan berbagai macam efek spesial untuk dokumen presentasi Anda. 

DRAW , suatu aplikasi untuk menggambar, mulai dari diagram atau dalam format 3D dan juga dilengkapi dengan efek spesial yang menarik. Untuk mendownloadnya silakan menuju ke http://download.openoffice.org/index.html 
Aplikasi internet 

Web browser 

Untuk kategori web browser gratis dan bagus sampai tulisan ini diturunkan masih dipegang oleh Mozilla Firefox. Kamu bisa melihat dan mendownloadnya melalui http://www.mozilla.org/products/firefox/. Web browser ini jauh lebih aman dibandingkan MS Internet Explorer dan memiliki fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk surfing di internet dengan aman seperti pop-up blocker dan juga bisa mengimpor semua data favorite yang sebelumnya ada di MS Internet Explorer. Fitur yang juga menarik disini adalah kemampuan tabbed browser, dimana kita tidak perlu membuka window baru untuk melakukan browsing tetapi cukup hanya membuka suatu tab baru dengan cara menekan Ctrl+T. Mozilla Firefox ini juga sudah dilengkapi dengan download manager yang sederhana 

FTP client 

Untuk solusi FTP client ada beberapa program gratis yang penulis rekomendasikan. Pertama bernama SmartFTP, bisa di download melalui www.smartftp.com. Program ini sangat bagus baik dari sisi fitur maupun user interface-nya. Dengan tampilan yang sangat professional maka Anda mungkin tidak mengira bahwa SmartFTP adalah program yang gratis. Program FTP client lain yang penulis rekomendasikan adalah DeluxeFTP yang bisa di download melalui www.deluxeftp.com. DeluxeFTP juga menawarkan fitur yang standard dan juga user interface yang terlihat professional. 

E-mail 

Untuk solusi e-mail ada beberapa alternatif yang menarik. Di antaranya adalah Eudora. Eudora bersifat Adware jadi kamu bisa gunakan dengan gratis dan sebagai gantinya pada Eudora ada bagian program yang ditempati oleh iklan dalam bentuk gambar. Solusi lain untuk aplikasi e-mail client adalah dengan menggunakan Mozilla Thunderbird (http://www.mozilla.org/products/thunderbird/). Program ini gratis dan merupakan salah satu produk juga dari The Mozilla Foundation yang juga memproduksi Mozilla Firefox (web browser yang sudah kita bicarakan sebelumnya). 

Chat 

Bagi Anda yang suka chatting maka ada banyak sekali pilihan program gratis yang bisa Anda gunakan. Saat ini yang paling populer misalnya Yahoo! Messenger dan MSN, Anda bisa download di http://im.yahoo.com/ dan http://messenger.msn.com/. Selain itu ada juga program chat lain yang lumayan populer dan gratis, namanya adalah Gaim. Anda bisa download melalui http://gaim.sourceforge.net/. Gaim ini unik karena dengan satu interface Anda bisa terhubung ke account Yahoo! Messenger, MSN, ICQ dan IRC Anda. Ini sangat cocok untuk menghemat memori pada komputer Anda dan lebih praktis digunakan jika Anda ingin memanfaatkan semua jalur chatting tadi. 

Multimedia 

Jika Anda ingin mendengarkan musik, mendengarkan video atau mengakses streaming media maka sudah ada solusinya yang gratis. Anda bisa menggunakan program yang bernama Winamp. Penulis yakin bahwa hampir di semua komputer yang mendukung multimedia pasti ada Winamp yang terinstall di dalamnya. Dengan Winamp Anda bisa mendengarkan musik MP3 kesayangan Anda. Anda juga bisa menonton video dengan Winamp. Bagi Anda pecinta siaran radio online dari internet juga bisa memanfaatkan Winamp ini untuk mendengarkan radio streaming. Anda bisa men-download Winamp melalui www.winamp.com. 

Menggambar & melukis 

Untuk solusi menggambar atau melukis ada program gratis yang namanya GIMP. Anda bisa men-download-nya di http://www.gimp.org/windows/. GIMP ini layaknya seperti aplikasi Adobe Photoshop yang sebelumnya sudah Anda kenal. GIMP bisa melakukan manipulasi file-file gambar plus juga memberi efek bagi gambar-gambar tersebut. Banyak pengguna GIMP saat ini menggunakannya sebagai tool untuk photo editing dengan diberi efek-efek yang tidak kalah menarik dibandingkan Adobe Photoshop. 

Demikian tulisan sederhana mengenai beberapa aplikasi gratis atau open source yang bisa Anda gunakan sehari-hari untuk menunjang aktivitas Anda pada platform Microsoft Windows. Komentar dan saran bisa Anda layangkan melalui e-mail ke sony-ak@sony-ak.com. Jika ingin membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke situs Sony AK Knowledge Center di www.sony-ak.com. 

Sumber : sony-ak.com 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Memberikan Saran dan Kritik !!!